APA ITU GOOGLE PAGERANK?

Assalamualaikum..

Hai sahabat blogger pada postingan kali ini, saya akan sedikit share buat sahabat yang belum tahu atau ulangan buat sahabat yang sudah tahu tentang apa itu Google PageRank. Langsung aja ya, Google Pagerank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. Google Page Rank (Yang biasanya disebut PR) pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page, co-owner Google, algoritma Pagerank sendiri telah berubah selama bertahun-tahun sama halnya seperti kebanyakan algoritma Google, bahkan algoritma PR adalah rahasia umum yang terjaga dan di jaga dengan baik.

Google PageRank sendiri digunakan untuk melihat apakah sebuah halaman memiliki otoritas atas isinya, semakin tinggi peringkat halaman maka lebih tinggi kualitas dan otoritas dari halaman web lainnya. Sebuah peringkat halaman dari 5 (PR 5) maksud saya, berarti bahwa halaman web tersebut memiliki suatu pegangan yang kuat atas isi yang ada di dalamnya, sementara peringkat halaman dari 2 (PR 2) berarti halaman itu hanya merupakan sumber informasi yang biasa dan belum mempunyai kualitas yang tinggi dengan informasi yang ada didalamnya, bagi web/blog yang masih baru biasanya belum mempunyai pagerank PR N/A).

Jadi secara ringkasnya, sebuah sistem untuk membantu Google menilai apakah suatu halaman itu penting atau tidak.

Dalam menghitung Pagerank, mungkin, kita hanya bisa menebak faktor-faktor yang membentuk Google PageRank. Oleh karena itu, agar kita mengetahui kapan situs kita mencapai suatu peringkat tertentu, berikut adalah skema formula dan rumus perhitungannya yang dikutip dari salah satu rekan kami. Perhitungan rumus pagerank ini lebih simple dari tahun sebelumnya dan dari website lain, yaitu sebagai berikut :

1. ( Pagerank Situs Kita / Pagerank Situs Lain (yang kita ajak untuk bertukar link ) - 15% )
2. Setelah mengetahui hasilnya (%), lalu ditambah dengan 25% , kemudian hasilnya dijadikan bilangan desimal.

Contoh :

10% = 0.1
25% = 0.25
100% = 1

3. Setelah dijadikan bilangan desimal lalu tambahkan dengan Pagerank situs yang kita ajak tukar link.
4. Hasil tersebut menandakan suatu ketinggian dari jumlah link in yang harus kita tambah sampai mencapai nilai tertentu dari pagerank.

Untuk mendapatkan pagerank harus meraih jumlah ketinggian link seperti berikut ini :
  • Pagerank 0     = 1
  • Pagerank 1     = 18
  • Pagerank 2     = 115
  • Pagerank 3     = 242
  • Pagerank 4     = 705
  • Pagerank 5     = 3520
  • Pagerank 6     = 17820
  • Pagerank 7     = 76125
  • Pagerank 8     = 429380
  • Pagerank 9     = 2180425
  • Pagerank10    = 10990960
Sebagai contoh perhitungan pagerank :

Saya mempunyai website dengan pagerank 1 lalu bertukar link dengan website berpagerank (PR) 3. Apabila website saya ingin naik pageranknya menjadi PR 2, maka saya harus melakukan tukar link dengan PR minimal 1 sebanyak.....

Jawab : 1/3 - 15/100 = 18% atau bisa juga disebut 18/100
             18% + 25% = 43%
             43% dijadikan bilangan desimal = 0.43
             0.43 + 3 = 3.43

Jadi, Untuk mencapai Pagerank 2 dibutuhkan ketinggian link mencapai 115. Berarti untuk naik ke pagerank 2 dibutuhkan 115/3.43 = 34 link. Ini berarti kita membutuhkan minimal 34 ( tukar link ) links in lagi ke blog kita.

Jika Sobat benar-benar ingin mengetahui cara perhitungan pagerank berdasarkan rumus diatas, silahkan baca tulisan salah satu blogger kita disini. Selanjutnya, pada umumnya diketahui bahwa faktor yang paling penting dari Pagerank Google adalah link dari website lain yang terkait (link dofollow yang relevan, bukan nofollow), semakin tinggi  peringkat halaman dan banyaknya link dari halaman web yang link ke Sobat maka akan lebih tinggi peringkat halaman Sobat. Jadi, Google Pagerank adalah sistem yang menyangkut jumlah link dan reputasi dari link yang menuju ke suatu halaman, tidak semata-mata masalah jumlah backlink saja. Lebih baik jika Sobat mendapatkan satu link dofollow dari website terkenal daripada 20 link dari Website-website yang tidak jelas reputasinya. Maksud dari link dofollow yang relevan diatas adalah link yang mempunyai relevansi dengan apa yang ada pada halaman web Sobat, sebagai contoh web atau blog Sobat membahas tentang komputer maka Sobat harus mencari link dofollow dari website lain dengan tema komputer juga, jangan mencari link yang bertemakan tentang Bisnis, kesehatan, Film, dll. Karena link-link tersebut tidak relevan dengan apa yang Sobat bahas pada web/blog Sobat. Sehingga link-link tersebut tidak bisa bekeja secara optimal untuk membantu meningkatkan pagerank di mata google.

Sebenarnya ada Beberapa faktor lainnya yang mungkin mempengaruhi Pagerank Google, seperti:

    Optimasi Search Engine (SEO)
    Jaringan Sosial
    Komentar
    Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web)
    Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web)

Sebuah Google PageRank yang lebih tinggi pasti akan membantu Sobat dalam SERP dan di-indeks lebih cepat, tetapi tidak selalu berarti bahwa semakin tinggi peringkat halaman Sobat akan lebih baik pada hasil pencarian. Ada hal-hal lain yang masuk ke dalam perhitungan Google untuk memutuskan halaman mana yang mendapatkan peringkat tinggi di search engine. Sebuah Google Pagerank tinggi pasti akan membantu tapi itu bukan segalanya untuk memutuskan web Sobat akan mendapatkan di posisi pertama pada hasil pencarian.

Google pagerank biasanya akan di-update setiap 3 bulan atau 4 kali dalam setahun, cobalah untuk membuat artikel yang menarik bagi web Sobat, carilah link dofollow yang relevan dari website/blog atau sumber lain yang mempunyai ranking lebih tinggi dari web Sobat, jangan mencari link yang terlalu banyak dalam waktu yang singkat karena Google akan mencurigai web Sobat (hati-hati.. Google sangat ketat dengan web spam), update web/blog Sobat dengan konten yang fresh dan menarik maka sedikit demi sedikit Google akan mempercayai situs Sobat dan pagerank pun bisa Sobat dapatkan.

Untuk mengecek pagerank dari situs Sobat saat ini, silahkan masuk ke situs PRChecker atauSeomastering.com untuk melihat prediksi pagerank blog sobat kedepan.

Salam.

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide